Bahan Yang Tepat Untuk Busana Muslim

Menggunakan pakaian serba panjang dan tertutup tentu tidak mudah bagi orang yang baru belajar berhijab. Perasaan kurang nyaman mungkin akan singgah ketika melakukan banyak aktivitas. Namun keteguhan hati menjalankan syriat agama tentu akan menjadi motivasi agar tetap bersabar dan melakukannya tanpa keluhan.

Semua masalah yang dialami ketika ber busana muslim dapat diatasi dengan terus mencari informasi seputar tips dan trik berbusana yang benar dan nyaman. Salah satunya adalah memilih bahan dasar pembuatan busana muslim. Terdapat banyak jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat baju, tetapi tidak semua bahan cocok untuk digunakan untuk model busana muslim.

Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, misalnya kain yang tidak terlalu tebal agar tidak menimbulkan panas berlebih. Kain yang tidak menerawang agar lekuk tubuh dapat tetap terjaga. Selain itu memilih bahan pakaian juga harus disesuaikan dengan momen dan iklim yang sedang terjadi. Bahan wol tidak tepat jika digunakan pada saat musim panas, atau bahan sifon pada saat musim dingin.

Memilih bahan yang tepat untuk busana muslim tidak terlalu sulit. Hanya butuh waktu untuk pelajari beberapa jenis kain yang tepat untuk dijadikan gamis atau model busana menutup aurat lainnya.
1. Spandex
Kain ini memiliki elastisitas yang baik, sehingga mudah meregang dan menyesuaikan ukuran tubuh. Kelebihan lainnya adalah terasa lembut, nyaman untuk dipakai, tidak mudah berkerut, tahan asam dan tidak mudah luntur. Sedangkan kekurangannya adalah tidak begitu menyerap keringat, sensitif terhadap panas, karena elastis maka dia akan menjiplak bagian tubuh.
2. Katun
Kain ini sangat nyaman digunakan karena dapat menyerap keringat dengan baik, terasa dingin, dan tahan lama. Tapi kain katun juga memiliki kekurangan, yaitu mudah kusut, untuk penggunaan pertama biasanya akan menyusut ketika dicuci, dan mudah pudar warnanya.
3. Linen
Kain ini memiliki tekstur yang halus dan mengkilap, sehingga akan terkesan glamour jika digunakan untuk busana muslim. Serat kainnya tebal namun tetap adem ketika dikenakan. Kelemahan dari kain linen ini adalah agak berat dan serat kainnya mudah terurai.
4. Wool
Kain wool berasal dari serat bulu binatangataupun sintetis. Sifat kain ini dapat menyerap keringat dan tebal, sehingga sangat cocok digunakan pada malam hari atau saat cuaca dingin. Berhati hatilah menggunakan busana dari kain wool,karena jika terkena noda akan sedikit sulit untuk menghilangkannya.
5. Satin
Satin merupakan kain yang memilikii tekstur lembut dan mengkilap. Sering digunakan untuk pakaian pesta. Keistimewaan kain satin ini adalah nampak lebih mewah dengan kilau permukaannya.
6. Sutra
Kain ini merupakan jenis kain mahal, karena tampilannya lembut dan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Kesan eksklusif juga akan tampak bagi pengguna busana muslim berbahan dasar sutra. Perawatan khusus harus dilakukan karena sutra termasuk jenis kain sensitif, mudah kusut, dan luntur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *